Wednesday, June 19, 2013

Menghadapi komplain pelanggan




Dalam menjual sesuatu barang/jasa, alangkah baiknya bila berani mengambil resiko yaitu di komplain oleh pembeli/pelanggan. Nah berikut adalah langkah yang sebainya dilakukan oleh penjual ketika menghadapai pelanggan yang komplain.

1. Jangan panik
     Jangan panik saat anda mendengarkan pelanggan anda yang complain, karena akan dapat membuat anda bingung harus berbuat apa bila sedang panik. Sikapi dengan santai dah ramah

2. Dengarkan dan Pahami
    Jangan memotong penjelasan dari mereka, dengarkan keluhan mereka dan pahami faktor yang membuat mereka merasa kurang puas dan usahakan anda tetap bisa santun dalam berbahasa ketika sedang merespon keluhan mereka.

3. Minta Maaf
    Setelah anda memahami akar permasalahan yang membuat pelanggan anda menjadi kecewa, sebisa mungkin anda segera "Minta maaf" bila itu memang kesalahan anda dan usahakan anda tidak akan melakukan kesalahan di kemudain hari,

4. Selesaikan Masalah.
    Segera selesaikan masalah anda dengan konsumen anda, entah dengan cara mengganti barang yang rusak atau mengganti rugi dengan uang, yang penting pelanggan anda tidak kecewa.

1 comment:

Peluang Usaha Mudah

Peluang Usaha Mudah
PELUANG USAHA